Artikel ≫ Pencahayaan Terkoneksi untuk Fasilitas Pendidikan

Pencahayaan Terkoneksi untuk Fasilitas Pendidikan

30/11/2023, 09:08

Sistem pencahayaan terkoneksi menawarkan pengalaman kelas yang lebih baik kepada generasi muda

Efisiensi energi menawarkan peningkatan kualitas hidup dan lingkungan belajar yang lebih baik untuk para pelajar. Selain itu fasilitas Pendidikan seperti sekolah ataupun universitas mendapatkan manfaat dari biaya listrik yang lebih rendah, pengurangan emisi karbon, dan lebih banyak keterlibatan guru.

Peningkatan efisiensi

Dampak terhadap efisiensi energi di ruang kelas bisa menjadi sangat besar. Jumlah anak muda yang mengenyam pendidikan hampir sama banyaknya dengan jumlah orang dewasa yang bekerja. Namun ruang kelas belum menjadi perhatian atau investasi sebesar kantor profesional. Akibatnya, ruang kelas sering kali memiliki penerangan yang tidak tepat dan sangat tidak efisien dalam penggunaan energi. Selain dampak negatif terhadap pembelajaran, muncul juga masalah kesehatan. Penelitian dari Universitas NewSouth Wales  menemukan bahwa tingkat miopia, yang sebagian disebabkan oleh paparan cahaya yang buruk, meningkat pesat dan dapat mencapai 50% populasi global pada tahun 2050.

Suasana belajar yang lebih baik

Di Signify, kami telah meneliti bagaimana teknologi pencahayaan baru dapat meningkatkan pengalaman pendidikan bagi guru dan siswa. Interact, sistem dan platform pencahayaan terhubung berbasis cloud yang ditawarkan oleh Signify, menghadirkan efisiensi energi tingkat tinggi bersama dengan pengalaman pencahayaan luar biasa dan kemampuan berbasis data yang canggih.

Misalnya, Interact memberikan wawasan penggunaan ruangan, kapan digunakan, dan pada suhu ruangan. Jadwal peredupan berdasarkan pola hunian dan penggunaan memaksimalkan penghematan energi dibandingkan sistem pencahayaan konvensional. Teknologi ini telah diterapkan oleh Eindhoven University of Technology (TU/e) di salah satu gedungnya sejak tahun 1960-an dan digunakan oleh hingga 4.000 orang. Hasilnya sangat positif: pengurangan emisi karbon sebesar 80% dan penghematan tagihan energi sebesar 60%.

Kemampuan pencahayaan sirkadian dapat berdampak besar pada konsentrasi, kenyamanan, dan keterlibatan anak-anak di lingkungan kelas. Dengan luminer LED yang dapat disetel, Interact dapat menciptakan kembali tingkat perubahan dan profil spektral sinar matahari di dalam ruangan sepanjang hari.

Proses belajar mengajar yang lebih baik

Penelitian dari pemerintah Hamburg menemukan bahwa penerapan pencahayaan LED terkoneksi memberikan manfaat yang signifikan dalam hal konsentrasi, rentang perhatian, dan perilaku. Selama satu tahun, siswa ditemukan mengalami peningkatan kecepatan membaca sebesar 35%, penurunan frekuensi kesalahan sebesar 45%, dan penurunan hiperaktif sebesar 76%.


“Siswa tidak aktif ketika mereka dipaksa duduk di ruang kelas yang terlalu gelap atau terlalu terang untuk kebutuhan mereka. Mereka lebih lelah, kurang memperhatkian, dan kurang mau belajar. Teknologi ini menawarkan generasi muda awal yang lebih baik dalam pendidikan dan mengajarkan mereka manfaat efisiensi energi sejak usia dini.” Kata Harry Verhaar Kepala Urusan Publik dan Pemerintahan Global, Signify

Hingga saat ini, penggunaan sistem pencahayaan cerdas di gedung-gedung pendidikan masih rendah. Generasi pelajar saat ini akan menjadi generasi yang paling terkena dampak perubahan iklim. Sangat penting bagi kita untuk memberi mereka langkah awal sebelum terjun ke dunia nyata dan meningkatkan ruang kelas mereka harus menjadi langkah pertama.

Source: EnergyEfficiency meets Education: the impact of connected lighting in schools |Signify Company Website    


Terakhir diperbarui 30/11/2023, 10:02
Menyukai artikel ini?
8